Home » » Berita Kemenag Kab. Majalengka Gelar Halal Bihalal 1435H dan Temu Tokoh Lintas Agama

Berita Kemenag Kab. Majalengka Gelar Halal Bihalal 1435H dan Temu Tokoh Lintas Agama

 Berita Kemenag Kab. Majalengka Gelar Halal Bihalal 1435H dan Temu Tokoh Lintas Agama


IMG_0938
Kepala Kemenag Kab. Majalengka Memberikan Sambutan
Kemenag Majalengka: Menciptakan Kerukunan Umat Beragama Melalui Silaturahim Idul Fitri 1435H dan Temu Tokoh Lintas Agama
Keluarga Besar Kementerian Agama Kab. Majalengka bekerja sama dengan Forum Kerukunan Umat Beragama Kab. Majalengka gelar Halal Bihalal Akbar yang dilangsungkan pada hari Rabu tanggal 06 Agustus 2014 di Aula Koprasi Hikmah Kab.Majalengka. Silaturahim Idul Fitri atau Halal Bihalal pada tahun ini berbeda dengan halal bihalal pada tahun sebelumnya, dimana halal bihalal tahun ini selain diikuti oleh seluruh keluarga besar Kementerian Agama Kab. Majalengka juga dihadiri oleh tokoh-tokoh lintas Agama. Hal ini tentunya bertujuan untuk membangun Ukhuwah Islamiyah tanpa mengesampingkan ukhuwah Wathoniyah dan Ukhuwah Insaniah.
Kepala Subag TU Kemenag Kab. Majalengka sekaligus sebagai Ketua pelaksana, Drs. H. Uyun Saeful Uyun, M.M.Pd, menyampaikan bahwa Silaturahim Idul Fitri 1435 H ini diikuti oleh sekitar 495 peserta, yang terdiri dari semua komponen Kementerian Agama Kab. Majalengka beserta tokoh-tokoh lintas Agama yang berada di Kab. Majalengka. Beliau menekankan agar acara ini bisa memperkokoh kerukunan antar umat beragama, khususnya di Kab. Majalengka.
Hal ini diperkuat oleh pernyataan Kepala Kemenag Kab. Majalengka, Dr. H. Udin Saprudin, M.M.Pd. yang menegaskan bahwa bulan Ramadhan yang penuh berkah, yang penuh magfiroh tidak akan sempurna tanpa diikuti oleh terjalinnya hubungan yang baik antar sesama manusia, hubungan baik ini tentunya tidak hanya antar sesama umat muslim semata tapi harus terjadi antar umat muslim dengan non-muslim juga. Jadi Halal Bihalal dan temu tokoh lintas agama ini menjadi momentum untuk memperkokoh kerukunan umat beragama. Hal ini sesuai dengan tema yang diusung dalam kegiatan ini, yaitu “Kerukunan umat beragama menjamin terciptanya kondusifitas pembangunan di Kab. Majalengka“.
Menyempurnakan kegiatan ini, Wakil Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobari, MM.Pd bertindak sebagai penceramah, beliau dalam tausiyahnya menyampaikan betapa pentingnya kerukunan umat beragama dan betapa besarnya makna yang harus di implementasikan pasca selesainya Ramadhan. Beliau juga menyampaikan bahwa ada 3 kesadaran yang perlu di miliki dan dipahami oleh manusia agar tercipta kerukunan, yaitu kesadaran diri, kesadaran posisi, dan kesadaran situasi.
Kementerian Agama Kab. Majalengka menjadi pelopor dalam penyelenggaraan halal bihalal yang diikuti oleh tokoh-tokoh lintas agama. Semoga hal ini bisa diikuti oleh Kab/Kota lainnya agar berkahRamadhan dan Idul Fitri bisa dirasakan oleh semua umat manusia (rahmatan lil’alamin) sehingga tercipta kerukunan umat beragama.
Kontributor: Taupik Hidayat (tauhid)

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar