Home » » Kemenag Kab. Majalengka Gelar Bimtek Implementasi Kurikulum 2013 PAI Jenjang SD, SMP,SMA, SMK Anggaran 2014

Kemenag Kab. Majalengka Gelar Bimtek Implementasi Kurikulum 2013 PAI Jenjang SD, SMP,SMA, SMK Anggaran 2014

Kemenag Kab. Majalengka Gelar Bimtek Implementasi Kurikulum 2013 PAI Jenjang SD, SMP,SMA, SMK Anggaran 2014


IMG_8250 

Implementasi Kurikulum 2013 untuk semua jenjang pendidikan, baik dasar maupun menengah, merupakan salah satu langkah strategis dalam upaya peguatan karakter menuju bangsa Indonesia yang madani. Kurikulum 2013 dikembangkan secara komprehensif, integratif, dinamis, akomodatif dan antisipatif terhadap berbagai tantangan pada masa yang akan datang. Kurikulum 2013 didesain berdasarkan pada budaya dan karakter bangsa, berbasis peradaban dan berbasis pada kompetensi. Dengan demikian kurikulum 2013 diyakini mampu mendorong indonesia yang bermartabat, beradab, berbudaya, berkarakter, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis, bertanggung jawab serta mampu menghadapi berbagai tantangan yang muncul dimasa depan.
Sebagai kurikulum yang disempurnakan, kurikulum 2013 masih belum banyak dipahami oleh masyarakat luas, termasuk oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang berada disemua jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD, SMP, SMA, SMK). Oleh karena itu Kementerian Agama Kantor Kabupaten Majalengka melalui Seksi PAISmenyelenggarakan Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di semua jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD, SMP, SMA, SMK) yang berada di Kabupaten Majalengka. Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab pemerintah untuk mewujudkan perubahan pola pikir guru PAI dan Budi Pekerti dalam mempersiapkan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi hasil pembelajaran sesuai kurikulum 2013.
Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti jentang SD, SMP, SMA, SMK se-Kab. Majalengka di laksanakan selama tiga hari, mulai 12 s.d 14 Mei 2014 di Aula Utama Hotel Apita Kota Cirebon. Kegiatan yang diikuti oleh 230 Peserta ini dibuka secara resmi oleh Kabid PAIS Kemenag Kanwil Prov. Jawa Barat H. Abu Bakar, M.Ag didampingi oleh Kepala Kemenag Kab. Majalengka Dr. H. Udin Saprudin, M.M.Pd, Kasi PAIS Drs. H.M.  Ali Rahman, M.M dan Kepala Dinas Pendidikan Kab. Majalengka, yang diwakili oleh Kabid. Dikdas Kab. Majalengka.
Dalam sambutan dan arahannya, Kepala Kantor Kemenag Majalengka, Dr. H. Udin Saprudin, M.M.Pd. memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan bimtek ini. Beliau menegaskan bahwa dengan adanya kurikulum 2013 ini, guru PAI harus semakin profesional; memiliki kualifikasi yang baik, semakin meningkatkan kompetensi yang dimiliki, memuaskan steakholder dan taat pada regulasi profesi. Beliau juga berharap agar hasil bimtek ini bisa diimplementasikan di tempat kerja masing-masing.
Senada dengan Kepala Kemenag Kantor Kab. Majalengka, Kabid PAISKemenag Kanwil Prov. Jabar juga memberikan apresiasi kepada panitia dan peserta atas dilaksanakannya kegiatan ini dengan meriah, baik dan lancar. Dalam kegiatan ini Kab. Majalengka mencatakan beberapa rekor, diantaranya adalah Majalengka merupakan kabupaten pertama di Jawa Barat yang menyelenggarakan Bimtek kurikulum 2013 tahun anggaran 2014. Panitia dan Peserta yang hadir tampil dengan meyakinkan, berpakaian seragam dan rapih sehingga akan dijadikan referensi bagi kab/kota lainnya dalam penyelenggaraan bimtek ini, imbuh beliau. Para instruktur dan fasilitator yang terlibat dalam kegiatan bimtek ini merupakan orang-orang profesional dan berlevel nasional.
Beliau juga menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan langkah strategis sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah dalam pengembangan agama. Guru PAI harus menjadi “komandan” dalam implementasi kurikulum 2013 ini, karena inti kurikulum 2013 adalah adanya penekanan pada aspek sikap spiritual, siap sosial, keterampilan dan pengetahuan. Di akhir sambutannya beliau meminta kepada seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan ini dengan ikhlas, sungguh-sungguh dan hasilnya bisa diimplementasikan di tempat kerja masing-masing.

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar