Home » » Kemenag Majalengka Gelar Manasik Masal II Bagi Calon Haji Kab. Majalengka Tahun 2014

Kemenag Majalengka Gelar Manasik Masal II Bagi Calon Haji Kab. Majalengka Tahun 2014

 Kemenag Majalengka Gelar Manasik Masal II Bagi Calon Haji Kab. Majalengka Tahun 2014




IMG_1132
Kepala Kemenag Kanwil Jabar didampingi oleh Kemenag Majalengka dan Sekda Majalengka
Dalam upaya mempersiapkan jama’ah haji Kab. Majalengka yang terlatih dan mandiri, Kemenag Kab.Majalengka melalui Seksi Urusan Haji dan Umrah gelar Bimbingan Manasik Masal bagi calon Jema’ah Haji se-Kabupaten Majalengka untuk yang kedua kalinya (23/08/2014).
Bimbingan manasik Haji masal ini terasa istimewa dibandingkan dengan manasik haji masal sebelumnya, hal ini berkat kehadiran Kepala Kementerian Agama Kantor Wilayah Provinsi Jawa Barat, Drs.H.A. Buchori, MM yang didampingi oleh Kepala Kemenag Kab. Majalengka Dr. H. Udin Saprudin, M.MPd beserta Bupati Majalengka yang diwakili oleh Sekda Majalengka, Drs.H. ade Rachmat Ali, M.SI.
Dalam sambutan dan arahannya Kepala Kanwil menegaskan bahwa tahun 2014 ini merupakan tahun Haji Akbar, oleh karena itu Jama’ah haji harus memiliki persiapan yang matang, memahami rangkaian ibadah haji dengan baik dan benar. Hal pertama yang harus di tanamkan oleh para jama’ah haji adalah niat yang jelas, niat yang ikhlas dan penyerahan diri yang utuh. Karena hal itulah yang bisa menyebabkan diterimanya ibadah sehingga jama’ah haji meraih gelar haji mabrur/mabruroh.
Beliau juga menegaskan bahwa jama’ah haji harus fokus untuk menjalankan ibadah haji, bukan fokus menjalankan perjalanan haji, karena rangkaian perjalanan haji sudah di urus dan diatur oleh pemerintah dengan baik. Jama’ah harus fokus ibadah, jangan memikirkan transportasi, pemondokan, makan dan lain sebagainya diluar ibadah, jadikanlah ibadah sebagai prioritas. Untuk mewujudkan itu semua perlu kesadaran jama’ah dan para petugas, dimana petugas harus ikut mengkonsentrasikan jama’ah pada ibadah.
Diakhir sambutannya kepala kanwil menyampaikan beberapa isu yang menjadi perdebatan dalam rangkaian haji tahun ini, diantaranya DAM. Beliau menegaskan bahwa DAM untuk tahun ini masih ditanggung oleh jama’ah bukan oleh pemerintah.
Senada dengan Kepala Kanwil, Kepala Kemenag Kab. Majalengka berpesan agar Jama’ah harus bersabar dan kuat dalam menjalankan ibadah haji, niat dan datang sebagai tamu Allah, memenuhi panggilan Allah. Beliau berharap agar jama’ah sungguh-sungguh dalam menjalankan rangkaian bimbingan ini agar menjadi jama’ah yang terlatih dan mandiri sehingga menjadi haji mabrur/mabruroh.
Kemudian Bupati Majalengka yang diwakili oleh Sekda Drs.H.Ade Rachmat Ali, M.SI menegaskan bahwa Pemda Majalengka akan selalu mendukung serta berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada Jama’ah Haji dan Kegiatan manasik masal bagi calon Haji ini diharapkan bisa mewujudkan jama’ah haji yang terlatih dan mandiri.
Kontributor: Taupik Hidayat (Tauhid)

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar