Home » » Kua Sindangwangi Kab. Majalengka Nominator KUA Teladan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2014

Kua Sindangwangi Kab. Majalengka Nominator KUA Teladan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2014

Kua Sindangwangi Kab. Majalengka Nominator KUA Teladan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2014


IMG_8791 


IMG_8757 
Kementerian Agama Kantor Kabupaten Majalengka menetapkan Kantor Urusan Agama (KUA) Sindangwangi untuk mewakili Kab. Majalengka dalam ajang pemilihan KUA Teladan Tingkat Provinsi Jawa Barat. Untuk bisa mewakili Jawa Barat dalam Pemilihan KUA Teladan Tingkat Nasional, KUA Sindangwangi harus bersaing ketat dengan lima kontestan lainnya yang berasal dari lima Kab./Kota yang berada di Provinsi Jawa Barat.
Untuk menjadi yang terbaik, KUA Sindangwangi harus melewati beberapa tahapan seleksi yang ketat berupa test tulis dan wawancara yang sebelumnya telah dilaksanakan di Bandung. Observasi lapangan atau visitasi ini merupakan lanjutan dari tahapan seleksi sebelumnya untuk meninjau secara langsung KUA-KUA yang mendapatkan nilai terbaik.
Tim penilai KUA Teladan dari Provinsi Jawa Barat berjumlah sekitar 20 orang yang diketuai oleh Kepala Bidang Urais dan Bimsar Kemenag Kanwil Jawa Barat, DR. H. Sukandar. Acara visitasi KUA Teladan ini dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Majalengka, Dr. H. Udin Saprudin, M.M.Pd di damping oleh para Kasi dan pejabat lainnya yang berada di Lingkungan Kemenag Kantor Kab. Majalengka. Turut Hadir dalam acara tersebut Camat Kec. Sindangwangi H. Safari Azis, SH, Para Kepala KUA se-Kab. Majalengka, Para Penyuluh Agama, Anggota Majlis Ta’lim, Jama’ah Haji Kecamatan Sindangwangi, Banser serta dimeriahkan oleh Marching Band Anak-anak sekolah, marawis, dan unsur-unsur masyarakat  lainnya.
Camat Sindangwangi, H. Safari Azis, SH dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada Tim Penilai KUA Teladan dari Provinsi Jawa Barat yang bisa hadir dan tiba dengan selamat sesuai rencana. Bapak Camat menyatakan bahwa Kecamatan Sindangwangi merupakan kawasan perbatasan yang digadang-gadangkan menjadi kawasan wisata penyangga Majalengka. Di wilayah ini harmonisasi antar instansi terjalin dengan baik termasuk didalamnya dengan KUA Sindangwangi. Banyaknya Majlis Ta’lim menjadikan kawasan ini menjadi kawasan religious. Hal ini sesuai dengan visi misi Kab. Majalengka yang ingin menjadikan Masyarakat Majalengka yang Religious.
Senada dengan Camat Sindangwangi, Kepala Kemenag Kantor Kab. Majalengka DR. H. Udin Saprudin, M.M.Pd. mengucapkan selamat datang kepada tim Penilai KUA Teladan Provinsi Jawa Barat. Beliau meminta agar penilaian KUA teladan ini dilakukan secara objektif, bebas dari tekanan atau intervensi dari siapapun. Beliau juga berharap bahwa performance KUA yang baik tidak hanya dilakukan ketika ada penilaian saja namun harus terus dilakukan secara konsisten guna mewujudakan KUA yang membawa masyarakat ke arah yang lebih baik lagi. Agar KUA bisa bersaing, maka KUA harus memposisikan diri sebagai “pasar” yang harus menghasilkan produk yang baik dan pelayanan yang prima kepada masyarakat.
Kepala Bidang Urais dan Bimsar Kemenag Kanwil Jawa Barat, DR. H. Sukandar dalam sambutannya beliau memberikan apresiasi atas penyambutan yang meriah kepada Tim Penilai. Beliau menyatakan bahwa KUA Teladan merupakan program Nasional untuk mewujudakan KUA yang bisa bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Beliau juga menegaskan bahwa KUA itu menjadi “lokomotif moral” bagi masyarakat, dengan demikian KUA harus menjadi teladan bagi lingkungan sekitarnya.Beliau juga menegaskan bahwa penilaian akan dilakukan dngan professional tanpa ada intervensi dari siapapun, penilaian dilakukan secara objektif, sesuai SOP dan dilakukan oleh orang-orang yang kompeten dibidangnya.
Beliau berharap agar performance KUA terus ditingkatkan, mulai dari profesionalisme top leader, managerial, meningkatkan kecepatan dan kualitas pelayanan, kualitas penataan administrasi, serta penggunaan sistem informasi dan teknologi terkini guna memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.
Kepala KUA Kec. Sindangwangi, H. Hapid, M.Ag.  memberikan paparan dan gambaran tentang Kondisi objektif kinerja yang telah dilakukan jajarannya baik internal maupun lintas sektoral, khususnya dalam memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat serta kegiatan-kegiatan lainnya. Beliau menegaskan bahwa akan terus berupaya profesional dan memberikan pelayanan secara optimal kepada Masyarakat.
Pada akhirnya, siapapun pemenangnya tidak menjadi soal, karena esensi dari kegiatan pemilihan KUA Teladan ini adalah menjadikan KUA agar terus mengoptimalkan pelayanannya sehingga semua KUA menjadi KUA Teladan.

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar