Home » » Urgensi Bimbingan Dakwah Bagi Imam Mesjid

Urgensi Bimbingan Dakwah Bagi Imam Mesjid

Urgensi Bimbingan Dakwah Bagi Imam Mesjid

Kementerian Agama Kantor Kab. Majalengka melalui Seksi Bimas gelar Bimbingan Dakwah bagi Imam Mesjid Tingkat Kab. Majalengka tahun 2014 yang diselenggarakan di Rumah Makan Sawah Aki Kab. Majalengka. Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang peserta yang berasal dari Imam Masjid Besar se-Kab. Majalengka.
Kegiatan Bimbingan Dakwah bagi Imam Masjid ini dibuka secara langsung oleh Kepala Kementerian Agama Kantor Kab. Majalengka, Dr. H. Udin Saprudin, M.M.Pd didampingi oleh Kepala Seksi Bimas, Drs. H. Nono S. Ma’arif, M.SI. Kepala Kantor dalam sambutannya menyampaikan keprihatinannya atas kondisi masjid yang bagus secara fisik bangunan namun tidak diimbangi dengan peningkatan jumlah jama’ah. Padahal mesjid merupakan sarana yang tepat untuk dijadikan pusat kegiatan umat. Beliau menyebutkan bahwa mesjid memiliki peran strategis, diantaranya; sebagai pusat pembinaan ekonomi umat; pusat membina dan mewujudkan kerukunan umat; pusat kemitraan antar ormas Islam; dan pusat pemberdayaan pendidikan umat. Mengingat betapa besarnya peran dan fungsi masjid, Kepala Kantor meminta kepada imam masjid agar melakukan kepengurusan masjid yang profesional (idaroh), Memakmurkan Mesjid (imaroh) dan Memelihara mesjid.
Hal ini senada dengan apa yang disampaikan oleh Kepala Seksi Bimas yang menyampaikan bahwa masjid yang jumlahnya begitu banyak harus dioptimalkan fungsi dan perannya dengan didukung oleh imam masjid yang profesional, baik sebagai imam jama’ah maupun sebagai imam dalam kepengurusan. “Idaroh, Imaroh dan Ri’ayah merupakan hal yang harus dipahami secara baik oleh imam masjid. Beliau juga menyebutkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menjalin hubungan silaturahmi yang baik antar imam mesjid di tingkat Kab. Majalengka, serta ajang untuk sharing ilmu tentang kemasjidan”, imbuh beliau dalam sambutannya.

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar