Home » , » Kemenag Berlakukan Lelang Jabatan atau Open Promotion

Kemenag Berlakukan Lelang Jabatan atau Open Promotion

Kemenag Berlakukan Lelang Jabatan atau Open Promotion

Rekrutmen pegawai di Kemanag masih dianggap sebagai salah satu kelemahan yang harus diperbaiki, terutama setelah berlakukanya Zona Integritas. Open promotion (promosi jabatan secara terbuka atau lelang jabatan) menjadi keharusan Kementerian Agama dalam membangun Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi yang Bersih dan Melayani (WBBM). Kepala Kemenag Kab. Majalengka menginformasikan atau mensosialisasikan adanya lelang jabatan ini dihadapan para Kasi, Pejabat fungsional tertentu dan pejabat fungsional umum dilingkungan Kemenag Kantor Kab. Majalengka.
Open promotion di tahun 2015 ini telah launching pada bulan April, peluncuran open promotion, diawali dengan proses pematangan instrument yang dilakukan sepanjang Januari – Maret 2015. Kementerian Agama agak berbeda dengan kementerian lain, dalam hal visi, misi, tugas pokok, dan fungsinya, sehingga diperlukan alat ukur yang lebih khusus terkait dengan lelang jabatan yang sekarang sudah menjadi bagian integral dari reformasi birokrasi.
"Mulai April 2015 akan dibikin semacam fit and proper test tapi bentuknya adalah assessment bagi yang akan menduduki sebuah jabatan. Assessment nanti akan menjadi basis atau dasar untuk menentukan tempat seseorang dalam jabatan yang ada di Kementerian Agama baik untuk Eselon II, III, IV, dan seterusnya. Promosi dan mutasi juga akan mengacu pada hasil assessment ini. Selain itu Assessment juga akan dijadikan bahan untuk kepentingan diklat". Ungkap Kepala Kemenag.
Permenpan & RB No 60 Tahun 2012 tentang Pedoman Pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM mengatur bahwa promosi jabatan secara terbuka bertujuan untuk mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas yang berasal dari lingkungan internal ataupun eksternal melalui kompetisi yang sehat.
“Jadi bulan April adalah bulan assessment. April itulah kita akan men-declare lelang jabatan di Kementerian Agama yang ditandai dengan assessment,”

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar