Home » , » Peringatan Hari Santri 2017 Tingkat Kab. Majalengka, Sukses Besar

Peringatan Hari Santri 2017 Tingkat Kab. Majalengka, Sukses Besar

Peringatan Hari Santri 2017 Tingkat Kab. Majalengka, Sukses Besar

Majalengka (Inmas Kab. Majalengka).
Puncak peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Kab. Majalengka tahun 2017 digelar dalam bentuk upacara "ala santri" yang dipusatkan di Alun Alun Majalengka, Senin pagi (23/10/2017). Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) pada tanggal 22 Oktober memiliki arti dan makna yang penting bagi kalangan santri sendiri dan segenap elemen bangsa. Dalam sejarah, peran santri dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Mereka ikut merebut Indonesia, membangun Indonesia dan mempertahankan NKRI.
Kepala Kantor Kemenag Kab. Majalengka, Dr. H. Yayat Hidayat, M.Ag. dalam laporannya menyampaikan, Tak kurang dari 12 ribu peserta tumpah ruah memadati alun-alun Majalengka untuk mengikuti prosesi hajatan santri tersebut. Menurut Kepala Kantor, Momentum Hari Santri ini perlu ditransformasikan menjadi gerakan penguatan paham kebangsaan yang bersintesis dengan keagamaan. Spirit “nasionalisme bagian dari iman” (حب الوطن من الايمان) perlu terus digelorakan di tengah arus ideologi fundamentalisme agama yang mempertentangkan Islam dan nasionalisme.
Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Kang Yayat tersebut menjelaskan, tema yang diusung pada HASN tahun 2017 ini adalah "wajah pesantren, wajah indonesia". Menurutnya, tema tersebut menegaskan bahwa pesantren tidak bisa dipisahkan dari fenomena keislaman indonesia. Dengan kata lain, pesantren identik dengan indonesia, baik secara kultur, pendidikan maupun nilai-nilai keagamaan lainnya.
Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh Bupati Majalengka, Dr. H. Sutrisno, SE., M.Si saat memberikan sambutan dihadapan ribuan santri se Kab. Majalengka. Dalam kesempatan tersbut Bupati dengan nada semangat menyampaikan secara utuh sambutan Ketua Umum PBNU.
Ditemui usai acara, Kepala Kantor mengungkapkan kebahagiaanya atas suksesnya peringatan hari santri nasional tahun 2017 ini. "Saya bersyukur peringatan Hari Santri ini sukses, santri yang hadir sangat banyak dan ini mendapatkan apresiasi dari Bupati" Ujarnya. 
Hadir pada kesempatan tersebut jajaran unsur MUSPIDA, OPD, Kasubbag TU Kemenag Majalengka Drs. H. Dede Saepul Uyun, M.Ag, Kasi PD Pontren Drs. H. Moch Risan, M.Pd.I, Kasi Bimas Islam Dr. H. Agus Sutisna, M.Pd, Kasi Penyelenggara Haji, Kasi PAIS Drs, H. M. Ali Rahman, MM. dan Umroh H. Kiki Basuki Rahmat, S.Ag. SH, Para Kepala SKPD, Camat Se-Kabupaten Majalengka, Kepala KUA se-Kab. Majalengka, Kepala Madrasah se-Kab. Majalengka, Ketua MUI, Pimpinan dan Pengasuh Pondok Pesantren se-Kab. Majalengka, dan tamu undangan lainnya.
Pada upacara tersebut diwarnai Ikrar Santri Indonesia dan Resolusi Jihad NU serta Pembagian santunan kepada siswa/siswi/santri dan pimpinan ponpes serta DKM. Selain itu Hari Santri Nasional pun semakin semarak dengan adanya Devile peserta upacara dan penampilan kesenian lainnya.
Kontributor: Taupik Hidayat

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar