Home » , , , » Buku Nikah Hilang atau rusak? Inilah Tatacara Membuat Duplikat Buku Nikah. GRATIS

Buku Nikah Hilang atau rusak? Inilah Tatacara Membuat Duplikat Buku Nikah. GRATIS

Buku Nikah Hilang atau rusak? Inilah Tatacara Membuat Duplikat Buku Nikah. GRATIS

Majalengka (Humas). Buku nikah yang kerap disebut surat nikah atau disebut juga Kutipan Akta Nikah merupakan dokumen Negara sebagai salinan akta otentik sebuah pernikahan. Buku Nikah merupakan dokumen penting yang banyak digunakan untuk berbagai kepentingan, seperti buat akta lahir anak, ibadah haji, pengajuan kredit rumah, bahkan untuk pinjam uang ke bank.
Foto Istimewa

Saking pentingnya, maka buku nikah harus dijaga dengan baik jangan sampai hilang atau rusak. Lalu bagaimana jika buku nikah itu hilang atau rusak?

Jangan hawatir, buku nikah yang rusak atau hilang bisa diperbaharui dan dibuatkan duplikatnya. Duplikat buku nikah berisikan data yang sama persis dengan buku nikah yang lama, yang berbeda adalah tanggal dikeluarkannya buku tersebut dan pejabat yang menandatanganinya.

Buku Nikah bisa rusak akibat terkena air, kebakaran, atau peristiwa lainnya. Buku Nikah dikatakan rusak jika: 

Buku tidak utuh, robek yang mengakibatkan data yang tercantum di dalamnya tidak lengkap.Tulisannya pudar, sudah tidak bisa dibaca meskipun bukunya masih dalam keadaan baik. Bahkan jika terdapat coretan atau tambahan data pada biodata yang tercantum di buku nikah yang dilakukan secara tidak resmi yang merubah biodata aslinya.

Langsung saja ya, inilah Prosedur penerbitan duplikat buku nikah.

1. Penerbitan Duplikat Buku Nikah karena hilang:
  • Anda harus membuat surat keterangan kehilangan buku nikah dari kepolisian. Dalam surat kehilangan tersebut mencantumkan nomor akta nikah, tanggal nikah dan KUA yang mengeluarkan.
  • Membuat surat permohonan Penerbitan Duplikat Buku Nikah ditandatangi pasangan suami istri pakai materai 6000 (biasanya blanko sudah disediakan di KUA)
  • Surat kehilangan dari kepolisian ASLI dan surat permohonan ASLI dibawa ke KUA yang mengeluarkan buku nikah untuk dibuatkan duplikatnya.  Awas jangan datang ke KUA yang lain.
  • Siapkan pas foto berwarna ukuran 2x3, background biru sebanyak 2 lembar untuk masing-masing suami/istri yang akan ditempelkan di duplikat buku nikah.
  • Petugas KUA akan mengajukan permohonan blanko Duplikat Buku Nikah ke Kemenag Kab./Kota disertai fotocopy registernya disertai juga fotocopy dokumen kelengkapan diatas.
2. Penerbitan Duplikat Buku Nikah karena rusak :
  • Membuat surat permohonan penerbitan duplikat buku nikah, pakai materai 6000 ditanda tangani suami istri. Ada juga yang membuat surat pengantar dari desa/kelurahan sesuai domisili. Surat surat tersebut memuat nomor akta nikah dan tanggal pernikahan.
  • Surat pengatar pembuatan duplikat buku nikah beserta buku nikah yang rusak dibawa ke KUA yang mengeluarkan untuk dibuatkan duplikatnya.
  • Siapkan pas foto berwarna ukuran 2x3, background biru sebanyak 2 lembar untuk masing-masing suami/istri yang akan ditempelkan di duplikat buku nikah.
  • Petugas KUA akan mengajukan permohonan blanko Duplikat Buku Nikah ke Kemenag Kab./Kota disertai fotocopy registernya disertai juga fotocopy dokumen kelengkapan diatas.
Biaya Penerbitan Duplikat Buku Nikah
Pelayanan penerbitan duplikat buku nikah di KUA adalah GRATIS tidak dipungut biaya sepeserpun. Paling siapkan biaya bensin, bayar parkir atau bayar yang nganter/ojek.... hehehe. Bila ada petugas KUA yang meminta biaya administrasi dipastikan itu adalah biaya tidak resmi atau pungli.

Pengendalian Blanko Duplikat Buku Nikah
Blanko Duplikat Buku Nikah Saat ini dikendalikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab/Kota Up Kasi Bimas Islam/Urais dan Peny. Syariah. Di Kemenag Majalengka Provinsi Jawa Barat Blanko Duplikat Buku Nikah tersimpan di Kementerian Agama Kabupaten Majalengka. Oleh karena itu Petugas KUA akan mengajukan permohonan blanko Duplikat Buku Nikah ke Kemenag Kab./Kota disertai fotocopy registernya disertai juga fotocopy dokumen kelengkapan. Ketentuan ini berdasarkan Surat Edaran Kanwil Kemenag Jawa Barat Nomor:B-7833/Kw.10.6/2/HM.00/10/2017 tanggal 27 Oktober 2017.

Lama Penerbitan Duplikat Buku Nikah 
Lamanya penerbitan duplikat buku nikah tergantung kondisi KUA yang akan mengeluarkan duplikatnya. Apakah Pejabatnya sedang ada di kantor atau dinas luar, apakah data akta nikahnya/registernya sudah ditemukan atau belum, petugas yang biasa mencetak/menulis buku nikah sedang sibuk atau tidak, balnko duplikatnya tersedia atau tidak, petugas yang ngambil balnko nya ada atau tidak.

Jika kondisi normal, penerbitan Duplikat Buku Nikah sekitar 30 menit sampai 1 Jam. Namun bisa juga berhari-hari tergantung situasi dan kondisi diatas. (TauHid).


Related Posts

17 comments:

  1. Sudah bukan rahasia umum bikin duplikat kena biaya 300-400

    BalasHapus

  2. Assalamualaikum..
    Selamat pagi pak, mohon maaf mengganggu waktunya sebentar.
    Pak.. Cara membuat akte kelahiran namun buku nikah orangtua hilang bagaimana caranya? Sedangkan posisi orangtua bercerai dan bapak sekarang tidak tau kabarnya dimana?
    Mohon solusinya pak. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba aja ke KUA minta foto copy register lalu di legalisir; asal tahu tanggal orang tua menikah untuk memudahkan petugas kua mencari registernya

      Hapus
  3. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau ☎ 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp ☎ 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 2.000.000
    • SMA = Rp. 3.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    BalasHapus
  4. Informasi ayng Bagus.... Semangat

    BalasHapus
  5. Ass akum, buku nikah sya tulisannya agak buram,tapi copyannya msh ada yg bagus lmksdnya sblm tusak sempat sya foti copy. Apakah bisa dipake buat ajukan gugatan cerai. Makasih.. Wassalam

    BalasHapus
  6. Saya mau tanya...bagaimana cara urus surat nikah orang tua yg telah meninggal dunia? Tujuannya untuk surat waris. Yg nantinya di tujukan sbg pengesahan surat rumah peninggalan dr org tua kepada kami sbgai ahli waris nya. Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  7. Assalammualaikum...saya mau nanya buku nikah saya hancur gara2 kena kebanjiran..trs gmn caranya minta dulpikat buku nikah apa yg bersangkutan harus datang ke kua apa bida orang lain yang mengurusnya

    BalasHapus
  8. Klo duplikat nikah tanggalnya tidak sesuai dengan nomer akta nikah bagaimana ya ...!!?

    BalasHapus
  9. Maaf saya mau tanya..kalau tulisan tanggal nikah nya di perjelas pakai pulpen apakah harus ganti buku nikah juga? Tidak ada yg d coret..

    BalasHapus
  10. Izin bertanya. Buku nikah orang tua saya kebakar,saat terjadi kebakaran. Apakah bisa saya selaku anak yang membuat duplikat buku nikah ke KUA ?

    BalasHapus
  11. Gratis apa nya? Saya ganti buku duplikat nikah dikenakan biaya 200 rb, daerah Lamongan Jatim

    BalasHapus
  12. saya mau cerai tpi biku nikah dll nya di bawah istri trus gmn cra untuk cerai klu gtu...

    BalasHapus
  13. saya di kenakan biaya 600rb untuk buku nikah duplikat. karna belum ada dana saya pending permohonan saya. lokasi KUA ciumbuleuit.

    BalasHapus
  14. Ass . Klo buku nikah hilang 1 apa Masi ttp minta keterangan polisi .

    BalasHapus
  15. Aslkm nikah sy di desa apa bs minta duplikat di kota domisili sekarang

    BalasHapus
  16. Gimana cara mengurus surat nikah karena hilang

    BalasHapus