Home » » Kakanwil Kemenag Jabar Tekankan Pentingnya e-Government

Kakanwil Kemenag Jabar Tekankan Pentingnya e-Government

Kakanwil Kemenag Jabar Tekankan Pentingnya e-Government


Bekasi (Inmas Kab. Majalengka)
Saat ini Kemenag melalui 11 program direktif nya sedang berusaha meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya melalui E-Government. E-government ini merupakan pelayanan digitalisasi dalam proses pelayanan dan kehadirannya didesain untuk memberi kemudahan kepada masyarakat.
Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat Drs. H.A. Buchori, MM. saat pembukaan rapat kerja Kantor Kementerian Agama Kab. Majalengka gabungan dengan Kankemenag Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Garut, dan Kota Cirebon, Kamis (22/02).
"Kemudahan harus dirasakan oleh masyarakat, dan ASN Kemenag itu sendiri," ujar Buchori.
Salah satu bentuk E-government adalah melakukan pelayanan online dan pelayanan terpadu satu pintu. Semua kemudahan yang disediakan teknologi harus dimanfaatkan untuk lebih dekat melayani masyarakat.
Buchori mencontohkan sistem informasi kepegawaian, ia ingin segala hal yang urusannya kepegawaian, seperti kenaikan pangkat tidak perlu lagi mengumpulkan berkas. Cukup dengan data yang ada disitem itu, seorang pegawai bisa naik pangkat tanpa harus repot dengan  administrasi.
"Urusan pemberkasan, pengumpulan dokumen tak perlu lagi ketika mengurus kenaikan pangkat, pengurusan karpeg, dan sebagainya, karena data sudah tercover di dalam data base digital", papar Buchori.
Bahkan pengurusan pernikahan pun diproyeksikan menggunakan e-Government, sehingga pengurusan N1, N2, dan seterusnya oleh calon pengantin semudah memencet tombol di komputer. Bukan hal tidak mungkin jika data base ini pun terhubung dengan instansi lain sehingga e-Government dapat mengurangi potensi pemalsuan data dalam urusan pernikahan.
Selain e-Government, Buchori juga menyinggung isu strategis lainnya, yang dikenal dengan sebutan “11 Program Direktif”. Penekanan dari Kakanwil ini dipertegas lagi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Majalengka Dr.H. Yayat Hidayat, M.Ag. saat rapat kerja intern Kemenag Majalengka.

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar