Home » , » Kemenag Majalengka Lakukan Inventarisasi Gedung KUA; Mayoritas Gedung Sudah Baik

Kemenag Majalengka Lakukan Inventarisasi Gedung KUA; Mayoritas Gedung Sudah Baik

Kemenag Majalengka Lakukan Inventarisasi Gedung KUA; Mayoritas Gedung Sudah Baik

Majalengka (Humas). Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka menugaskan Tim Khusus untuk melakukan inventarisasi gedung dan tanah pada Kantor Urusan Agama (KUA). Hal ini dilatar belakangi oleh PMK No. 111/PMK.06/2017 tentang Penilaian BMN dan PMK No. 118/PMK.06/2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kembali BMN. Kegiatan Revaluasi Barang Milik Negara oleh Kementerian Keuangan melalui KPKNL dilakukan terhadap gedung, tanah, jalan, irigasi dan jaringan pada seluruh satker, termasuk satker Kementerian Agama Kab. Majalengka. Di Kemenag Majalengka yang diinventarisasi hanya gedung dan tanah, salah satunya gedung dan tanah KUA. Atas dasar tersebut, Kementerian Agama Kab. Majalengka menugaskan Staf/Pelaksana untuk melaksanakan Updating Data Tanah dan Gedung KUA Kecamatan.

Ilustrasi: KUA Lemahsugih
Tim Pelaksana yang terdiri dari Asep Yana, Hendi Budiyanto dan Nunung Kurnia Sidiq tersebut menjelaskan, inventarisasi Gedung KUA Kecamatan ini hanya dilakukan di 13 KUA Kecamatan, yaitu KUA Sukahaji, Rajagaluh, Leuwimunding, Sumberjaya, Jatiwangi, Dawuan, Cigasong, Maja, Argapura, Talaga, Cikijing, Bantarujeg, dan Lemahsugih, semuanya sudah dikunjungi", ungkap salah satu tim saat ditemui diruang kerjanya, Jumat (2/2/18).

Menurutnya, inventarisasi ini untuk mengetahui secara ril luas bangunan, tanah dan kondisi bangunan. Hasil ini sebagai update data KUA dan menjadi data awal bagi KPKNL untuk melaksanakan revaluasi BMN. "Data hasil Inventarisasi, kita input secara online melalui aplikasi SIMAN, tentunya setelah data rampung. Sementara berkas/hardcopy kita kirim langsung ke KPKNL Cirebon, nanti kita menunggu Tim dari KPKNL untuk melakukan penilaian atas tanah, sementara aset Gedung tidak dilakukan penilaian langsung ke lapangan.  Alhamdulillah, kondisi bangunan KUA saat sudah baik. Dulu tahun 2014 ke KUA, sekarang baru kesana lagi, jadi asa pangling", paparnya.

Pembenahan KUA di Majalengka bisa dibilang berhasil. Kemenag Majalengka melalui Bimas Islam terus melakukan pembenahan seluruh KUA. Pembenahan tak hanya dari SDM nya saja, melainkan dibenahi sampai urusan sarana dan prasarananya. Kini di KUA buku nikah sudah di print out, balai nikah sudah layak, kebersihan dan kerapihan juga sudah cukup baik, dan administrasi juga sudah rapi.

Hanya saja, tidak bisa menutup mata bahwa mayoritas bangunan atau gedung KUA berdiri bukan pada tanah milik KUA. Sebagian besar masih ditanah orang lain, bahkan ada yang masih ngontrak. Namun saat ini semua persoalan tersebut secara bertahap sudah ditangani dengan baik. Good Job, Wajah Baru KUA sebagai Etalase Kementerian Agama. (TauHid).

Related Posts

1 comments:

  1. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau ☎ 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp ☎ 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 2.000.000
    • SMA = Rp. 3.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    BalasHapus