Home » , , » Husnul Khotimah itu butuh upaya

Husnul Khotimah itu butuh upaya

Husnul Khotimah itu butuh upaya

Majalengka (Inmas Kab. Majalengka). H. Suherman, S.Ag. Penyuluh Agama Islam Kec. Cigasong didapuk sebagai pembicara pada kegiatan Pembinaan ASN dilingkungan kantor Kementerian Agama Majalengka di Aula Kemenag Majalengka, Senin pagi (12/3/18).
Dengan bahasa dan gaya yang khas ia menyampaikan terkait khusnul khotimah. Adapun inti dari pembicaraan tersebut adalah Al-bidayah atau yang sering kita sebut dengan “PERMULAAN”, ternyata mempunyai korelasi yang cukup erat dengan lawanya yaitu An-nihayah atau “AKHIR”. Artinya, baik buruk akhir, erat kaitannya dengan baik buruk permulaan.
Husnul Nihayah (akhir yang baik) atau yang populer disebut husnul khotimah harus diawali dengan husnul bidayah (awal yang baik). Dan yang harus di camkan oleh semua, khusnul khotimah itu butuh perjuangan, butuh usaha, butuh upaya, butuh ikhtiar. Husnul khotimah tidak bisa serta merta akan hadir begitu saja jika tidak kita upayakan.
Enak aja kita bilang pengen khusnul khotimah tapi kita tidak mengupayakannya. Memang ada orang yang awalnya buruk kemudian akhirnya menjadi baik, tapi itu barang langka, itu hanya orang pilihan Allah. Ditakutkan kita bukan salah satu orang pilihan itu. So upayakanlah husnul khotimah dengan dengan husnul bidayah.
Dengan kata lain, awali dengan yang baik, isi pula dengan dengan yang baik, ingsya Allah akhir juga akan baik. Ada sebuah pepatah yang sering kita dengar, “proses tak akan menghianati hasil”.
Dalam upaya menggapai husnul khotimah tersebut, rasakan bahwa Allah itu hadir dan ada disekitar kita. Camkan dengan baik, camkan dengan penuh keyakinan, camkan dengan itikad yang kuat bahwa tak ada satu pun celah dalam hidup ini yang tidak di kuasai yang tidak diliputi Allah SWT. Kita harus seolah-olah melihat Allah, jika tidak bisa merasakan itu maka yakinilah bahwa Allah melihat kita. Inilah yang di artikan ihsan.
Rasakan Allah itu dekat, jika tidak bisa merasakan dekat dengan Allah maka dekatilah orang yang dekat dengan Allah.
Adanya Iman yang kuat, islam yang kuat dan ihsan yang kuat maka hal ini akan mengikis dan mendegradasi segala sesuatu yang negatif dalam diri kita.
So guys, Harapan husnul khotimah akan semakin besar jika sejak awal kita upayakan. Akhir dan awal harus sama-sama baik.

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar