Home » , » MA Darul Uluum PUI Majalengka Terima Puluhan Pelajar Asal Thailand

MA Darul Uluum PUI Majalengka Terima Puluhan Pelajar Asal Thailand

MA Darul Uluum PUI Majalengka Terima Puluhan Pelajar Asal Thailand

Majalengka (INMAS Majalengka). Madrasah Aliyah Darul Uluum PUI Majalengka yang beralamat di Jl. Siti Armilah No. 9 Majalengka, saat ini menjadi salah satu dari 4 sekolah yang menjadi pusat kegiatan Students Exchange Program Indonesia and Thailand di Jawa Barat.
Dari 30 Pelajar asal Thailand, 5 diantaranya mengikuti pertukaran pelajar di Madrasah Aliyah DU PUI Majalengka.

Opening Ceremony pertukaran pelajar Indonesia dan Thailand sendiri digelar di halaman Kampus MA Daarul Uluum PUI Majalengka, Rabu (14/3/3018) lalu, dihadiri Kepala UPTD Dinas Pendidikan Majalengka, para Kepala Sekolah yang akan mendapatkan kunjungan Students Exchange Program, Para Pengawas Madrasah, Guru dan Staf MA Daarul Uluum serta siswa/siswi MA Daarul Uluum.

Dikatakan Ima bahwa Kegiatan pertukaran pelajar tersebut sebagai tindak lanjut dari kunjungan MA Darul Uluum  PUI Majalengka ke Thailand beberapa waktu lalu. Dengan kata lain ini sebagai kunjungan balasan, jelasnya.
"Secara keseluruhan ada 30 Partisipan dari Thailand yang berkunjung ke Indonesia dengan komposisi 3 Direktur, 1 Deputy Director, 8 Teacher, 1 Officer, dan 17 Students. Adapun siswa dan siswi dari Thailand ditempatkan di beberapa sekolah. Diantaranya MA Daarul Uluum, SMKN Talaga, SMKN Jatinunggal Sumedang dan SMKN Baleendah Bandung. Khusus untuk MA Daarul Uluum PUI Majalengka mendapatkan partisipan pertukaran pelajar sebanyak 6 orang siswa/siswi," kata Kepala Madrasah Aliyah Darul Uluum PUI Majalengka  Amin Ridwan, M.Pd melalui Wakasek Bidang Kurikulum Ima Mardiana Fathah

Disamping itu jelas Ima, seharusnya berdasarkan Mou para siswa Thailand dan tim melaksanakan kegiatan pertukaran pelajar selama 30 hari sejak tanggal 14 Maret 2018 lalu. Namun sepertinya jadi lebih cepat hingga hanya sampai tanggal 26 Maret mendatang, ungkapnya.

"Lima pelajar yang dari Thailand umumnya kelas 11 atau kelas 2. Mereka hadir lebih pada take and give budaya serta sistem pembelajaran di Darul Uluum. Sehingga kami perkenalkan makanan khas Majalengka, Seni Budaya bahkan obyek wisata Majalengka,," jelas Ima.

Secara umum jelas Ima, para pelajar asal Thailand ini kesulitan dalam komunikasi karena masih minim dalam penguasaan bahasa Inggris, sehingga mereka kerap minta bantuan guru pembimbingnya untuk translate bahasa, bahkan tidak sedikit saat bicara dengan pelajar dari Darul Uluum akhirnya menggunakan bahasa Inggtis dan bahasa isyarat. (Echa dan taupik)

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar