Home » , » Penyuluhan Majelis Taklim: Keutamaan Hari Jumat

Penyuluhan Majelis Taklim: Keutamaan Hari Jumat

Penyuluhan Majelis Taklim: Keutamaan Hari Jumat

Majalengka (Inmas Kab. Majalengka). Penyuluh agama islam, baik penyuluhfungsional maupun Penyuluh Honorer memiliki tugas yang sama, yakni memberikan penyuluhan dan pembinaan kepada masyarakat. Sebagai ujung tombak Kemenag, penyuluh dalam menjalankan tugasnya harus dibekali dengan ilmu yang mumpuni dan kepiawaian dalam menyampaikan materi.
Seorang penyuluh selain pandai bicara harus ditunjang juga dengan kemampuan untuk menulis. Pasalnya hasil tulisan inilah akan menjadi bahan laporan dan sebagai bukti fisik pekerjaan. Kemampuan menulis ini ditunjukan oleh salah seorang PAH yang memberikan penyuluhan di MT. NURUL HUDA DESA KEDUNGSARI Majalengka pada setiap Jum'at pagi. Sebut saja Abi Nayla, Ia pada jumat kali ini menyampaikan 10 keutamaan hari jum'at:
Tema ( KEUTAMAAN HARI JUMAT)
Berikut ini 10 keutamaan hari Jumat:
1. Hari terbaik dari hari-hari yang lain

عَنْ اَبِيْ هُرَيْرَةَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ,, خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ فِيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ اْلجُمْعَةِ, فِيْهِ خُلِقَ آدَمُ عَلَيْهِ السَّلَامُ, وَفِيْهِ أُدْخِلَ اْلَجنَّةَ, وَفِيْهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلَا تَقُوْمَ السَّاعَةُ إِلَّا فِي يَوْمِ اْلجُمْعَةِ
Dari Abu Hurairah, sesungguhnya Rasulullah saw. Bersabda : “Sebaik-baik hari yang pada hari itu terbit adalah hari jumat, pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu ia dimasukkan ke jannah(surga) dan pada hari itu ia dikeluarkan dari jannah dan tidak akan terjadi hari kiyamat kecuali pada hari jumat.” (HR. Muslim dan Tirmidzi)
2. Hari jumat sebagai hari yang mustajab
وَعَنْ اَبِيْ مُوْسَى اَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ فِيْ سَاعَةِ الْجُمْعَةِ,, هِيَ مَابَيْنَ اَنْ يَجْلِسَ اْلإِمَامُ-يَعْنِيْ عَلَى الْمِنْبَرِ-اِلٰى اَنْ تُقْضَى الصَّلاَةُ,,
Dan dari Abu Musa, sesungguhnya ia pernah mendengar Nabi saw. Bersabda tentang waktu (mustajab di) hari jumat yang dimaksud : yaitu antara Imam duduk—di atas mimbar sampai selesai salat. (HR. Muslim dan Abu Dawud)
3. Doa yang dilakukan di hari jumat akan diijabahi oleh Allah
Sabda Rasulullah : “Sesungguhnya pada hari jumat itu ada satu saat, yang tidak ada seseorang yang memohon sesuatu kepada Allah pada saat itu melainkan Allah pasti akan memberi kepadanya.” (HR. Ibnu Majah dan At-Tirmidzi)
4. Pada hari jumat ada waktu yang akan diijabahi ketika berdoa.
Nabi bersabda : “Sesungguhnya pada hari jumat itu ada satu saat yang tidak bertepatan seorang muslim yang sedang memohon kebaikan kepada Allah azza wa jalla melainkan pada saat itu Allah pasti akan memberinya. Saat itu sesudah ashar.” (HR. Ahmad)
5. Adanya kewajiban untuk melaksanakan salat jumat
اَلْجُمْعَةُ حَقُّ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ فِ جَمَاعَةٍ إِلاَّ عَلَى أَرْبَعَةٍ : عَبْدٍ مَمْلُوْكٍ أَوِمْرَأَةٍ أَوْصَبِيٍّ أَوْمَرِيْضٍ
“Shalat jumat itu wajib atas tiap orang muslim berjamaah kecuali empat orang : Hamba sahaya, atau wanita, atau anak-anak (yang belum baligh) atau orang sakit.” (HR. Abu Dawud dan Alhakim)
6. Hari jumat bisa sebagai penghapus dosa
Sabda Nabi Muhammad : “Barang siapa mandi kemudian pergi shalat jumat kemudian shalat sunat sekuasanya, kemudian mendengarkan khutbah, kemudian shalat bersama-sama imam, nisacaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya antar dua jumat dan ditambah tiga hari lagi.
7. Hari jumat dianjurkan memperbanyak salawat karena akan ditampakkan pada Rasulullah
Sabda Nabi saw : “Perbanyaklah membaca salawat untukku pada hari jumat, karena sesungguhnya salawatmu itu disaksikan, yang menyaksikan adalah para malaikat, dan sesungguhnya seseorang tidaklah ia membaca salawat kepadaku melainkan doa salawat itu mesti ditampakkan padaku, sehingga ia selesai bersalawat.” (HR. Ibnu Majah)
8. Kiamat akan datang pada hari jumat.
Dijelaskan dalam sebuah hadits lagi Dari Abu Lubabah Al Badri, sesungguhnyaRasulullah bersabda : “Penghulu hari adalah hari jumat, dan ia adalah seagung-agungnya hari bagi Allah, bahkan lebih agung bagi Allah daripada hari raya Fitri dan Adha. Dan pada hari jumat itu terjadi lima kejadian : 1) Allah menjadikan Adam pada hari itu, 2) Allah menurunkan Adam pada hari itu ke dunia, 3) Pada hari itu Adam wafat, 4) Pada hari itu tidak ada satu saat yang seseorang tidak memohon kepada Allah sesuatu melainkan pasti dikabulkan, selama ia tidak meminta barang yang haram. 5) Pada hari itu akan terjadi hari Kiyamat. Tidak ada malaikat yang dekat kepada Allah, langit, bumi, angin, gunung-gunung, lautan, melainkan semua mencintai hari jumat.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)
9. Meninggal pada hari jumat adalah pertanda baik (khusnul khatimah)
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَمُوتُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَوْ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ إِلَّا وَقَاهُ اللَّهُ فِتْنَةَ الْقَبْرِ
“Dari Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu anhuma, ia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Tidaklah seorang muslim meninggal dunia pada hari Jumat atau pada malam Jumat melainkan Allah akan melindunginya dari fitnah (pertanyaan) kubur.” (HR. At-Tirmidzi, Ahmad, Humaid, Abu Ya’la, dan Al-Baihaqi).
10. Sedekah pada hari jumat akan mendapat pahala berlipat ganda
الصَّدَقَةُ تُضَاعَفُ يَوْمَ الْجُمْعَةِ
“Sedekah itu dilipat gandakan pahalanya pada hari jumat (yakni bila sedekah itu pada hari jumat maka pahala berlipat ganda dari lain-lain hari.”(HR. Abi Syaibah)
Betapa hari jumat itu memiliki keutamaan yang luar biasa. jadi alangkah baiknya kita memanfaatkannya untuk mendekat pada Ilah, pencipta Alam Semesta untuk mendapat rahmat dan hidayah-Nya. (Tauhid)
Sumber :
[1] Kitab Na’lul Authar sebuah kumpulan hadist karangan dari Syaikh Faishal ibnu ‘abdi Aziz al-mubaarak. Yang diterjemahkan A. Qadir Hassan, dkk.
[2] Kitab Riyadus Shalihin karya Salim Bakhresi
[3] Kitab Shahih Muslim karya Imam Muslim diterjemahkan oleh H. A. Razak dan H. Rais Lathief.

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar