Home » » Diklat Substantif Administrasi Guru Raudhatul Athfal

Diklat Substantif Administrasi Guru Raudhatul Athfal

Diklat Substantif Administrasi Guru Raudhatul Athfal

Yayat Hidayat: Raudhatul Athfal Memiliki Peran Strategis Dalam Membentuk SDM Unggul dan Religius
 
Kasokandel (INMAS Kab. Majalengka). Kepala Kantor Kemenag Kab. Majalengka, Dr. H. Yayat Hidayat, M.Ag. memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Diklat Substantif Administrasi Guru Raudhatul Athfal (RA) di STKIP YASIKA Kasokandel, Rabu pagi (12/9/18). Dalam sambutannya Yayat memberikan apresiasi yang setinggi tingginya atas terselengganya kegiatan diklat yang strategis ini.
Menurutnya, RA memiliki peran strategis dalam mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, unggul dan religius. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam Undang Undang Sisdiknas No. 20 tahun 2003 pasal 28 ayat 3, disitu disebutkan bahwa RA menyelenggarakan pendidikan keagamaan Islam yang menanamkan nilai nilai keimanan dan ketakwaan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi diri.
Dari sini terlihat jelas bagaimana RA sebagai lembaga pendidikan usia dini berpengaruh besar terhadap pembentukan karakter orang saat usia dewasa nanti. Dengan peran yang begitu besar dan tugas yang semakin berat, maka guru guru RA harus senantiasa meningkatkan kompetensi diri, termasuk melalui diklat ini.
Dijelaskan Yayat, tujuan pendidikan RA sangat relevan dengan program revolusi mental yang digulirkan pemerintah. Jika ada tudingan bahwa pendidikan agama penghambat kemajuan bangsa, maka itu adalah salah besar, justru dari pendidikan keagamaan itulah bangsa ini lahir dan eksis.
"Revolusi mental justru di mulai dari lembaga Raudhatul Athfal", ungkap Yayat dengan tegas.
Sementara itu, Ketua IGRA Kab. Majalengka, Hj. Emyati, S.Pd.I melaporkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 140 peserta yang berasal dari RA wilayah utara Majalengka, sedangkan untuk wilayah selatan akan di laksanakan di MA PUI Talaga.
Menurut Eem, tujuan diklat administrasi ini adalah untuk membentuk dan menjadikan RA di Majalengka menjadi RA unggulan. Dimana, menurut Eem, RA unggulan ini secara kasat mata diukur melalui nilai dan hasil akreditasi RA.
Adapun kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari ini dilaksanakn berkat hasil kerjasama antara STKIP YASIKA, IGRA dan Kementerian Agama Majalengka.

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar