Home » » Pembinaan Administrasi Kerukunan Hidup Umat Beragama

Pembinaan Administrasi Kerukunan Hidup Umat Beragama

Pembinaan Administrasi Kerukunan Hidup Umat Beragama

Dawuan (Inmas Kab. Majalengka). Kantor Kemenag Kab. Majalengka laksanakan Pembinaan Administrasi Kerukunan Hidup Umat Beragama di Kab. Majalengka. Kegiatan ini sifatnya lapangan berupa monitoring dan evaluasi Kerukunan umat beragama di seluruh kecamatan di Kabupaten Majalengka. Untuk bisa menjangkau seluruh kecamatan yang berjumlah 26 kecamatan, tim dibagi tiga yang diketuai oleh Kepala Kantor, Kasubbag TU dan Peny. Syariah. 
Berdasarkan hasil monev di beberapa kecamatan, seperti Kec.  Dawuan dan Kasokandel (5/12/18), Kerukunan umat beragama dalam kondisi baik, aman, nyaman dan kondusif, sekalipun ada riak riak kecil, namun hal tersebut sudah bisa diatasi dengan baik.
Kegiatan yang dikemas dalam Pembinaan Administrasi Kerukunan Hidup Umat Beragama di Kab. Majalengka intinya bertujuan untuk memberikan pembinaan terhadap karyawan KUA dan penyuluh agama islam dalam meningkatkan peran KUA dan penyuluh serta pranata sosial masyarakat lainnya dalam meningkatkan kerukunan hidup umat beragama diwilayah kerjanya. 
Selain itu kegiatan pembinaan ini juga bertujuan untuk melakukan Pembinaan administrasi terkait dengan regulasi peraturan bersama Menteri Agama dan Mendagri No 9 dan 8 tahun 2006 khususnya dibidang pendirian rumah ibadah.
Kemudian, dalam pembinaan ini juga disampaikan kuesioner terkait dengan kondisi kehidupan umat beragama yang ada diwilayah kecamatan yang bersangkutan sebagai pertimbangan dalam menggulirkan kebijakan KUB kedepan. 
Kondisi kondusif di Dawuan dan Kasokandel semakin menggambarkan dan semakin menunjukan bahwa Kab. Majalengka termasuk kabupaten dengan tingkat kemananan yang baik. Ini patut disyukuri oleh semua pihak dan patut untuk dipertahankan. 

Kontributor: Taupik Hidayat 

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar