Home » » 93 Calon Jemaah Haji Ikuti Bimsik Haji di KBIH Al-Ichwan Leuwimunding Majalengka

93 Calon Jemaah Haji Ikuti Bimsik Haji di KBIH Al-Ichwan Leuwimunding Majalengka

93 Calon Jemaah Haji Ikuti Bimsik Haji di KBIH Al-Ichwan Leuwimunding Majalengka

Majalengka (INMAS Majalengka). Meskipun Penyelenggaraan ibadah haji tahun 2019 masih relatip lama, namun gaungnya sudah mulai terasa sejak saat ini. Hal ini ditandai dengan digelarnya bimbingam manasik (Bimsik) haji oleh sejumlah KBIH di Kabupaten Majalengka, salah satunya yang digelar oleh KBIH Al-Ichwan, Leuwimunding, Selasa (8/1/19). Bimsik tersebut dibuka oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Majalengka dalam hal ini diwakili oleh Kepala Subbag TU, Dr. H. Hasan Sarip, M.Si. 
Ketua KBIH Al Ichwan, H. Iman Suherman melaporkan bahwa ada 93 orang calon jemaah haji yang mengikuti Bimbingan Manasik Haji di KBIH Al Ichwan. Menurutnya, jemaah haji tersebut berasal dari Kec. Leuwimunding dan Kec. Sumberjaya. 
"Bimsik di KBIH dilaksanakan sebanyak 15 kali pertemuan, yaitu pada setiap hari Sabtu dan Ahad", ungkap Iman Suherman. 
Pada kesempatan tersebut hadir pula Camat Sumberjaya Drs. Dedi Komarudin, M.Pd, Sekcam Leuwimunding, Muspika Leuwimunding, Kepala KUA Kec. Leuwimunding Cece Moh. Ihya, S.Ag. Kepala KUA Kec. Sumberjaya H. Ansor Sholohin, SH.I., Kepala KUA Rajagaluh, Wawan Ridwanulloh, Ketua KBIH Alhisab, KH. Harun Bajuri, tokoh agama dan tokoh masyarakat lainnya. 
Kasubbag TU dihadapan sekitar 93 orang calon jemaah haji menyatakan, tugas pemerintah berdasrakan UU No.13 tahun 2008 tentang Penyelenggaran Haji adalah melakukan pembinaan, pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat. Menurut, Kasubbag, Pembinaan kepada calon jemaah haji bisa dilakukan oleh pemerintah melalui Kementerian Agama dan juga bisa dilakukan oleh masyarakat melalui KBIH. 
Dijelaskan Kasubbag, Kedudukan KBIH itu tinggi dihadapan masyarakat. KBIH memiliki peran strategis dalam mewujudkan jemaah haji yang mandiri dan berkualitas.
"Oleh karena itu KBIH harus memiliki manajemen yang handal, pengurus yang profesional dan pembimbing yang benar benar memahami manasik haji", ungkapnya.
Kemudian Kasubbag menjelaskan, dalam masalah pelayanan, pemerintah dari tahun ke tahun sentiasa meningkatkan kualitas layanan kepada jemaah haji. Menurutnya, indeks kepuasan masyarakat terhadap Penyelenggaraan Ibadah Haji senantiasa meningkat dari tahun ke tahun, bahkan saat ini indeksnya sudah melebihi angka 84. Hal ini tiada lain berkat keseriusan pemerintah dalam menyelenggarakan program religi tersebut. Dan tidak bisa dipungkiri juga bahwa kesuksesan tersebut ada peran dari KBIH. 

Kontributor: Taupik Hidayat

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar