Home » , » Era Keterbukaan Informasi Publik, Penyuluh Agama Islam Harus Melek Teknologi Informasi

Era Keterbukaan Informasi Publik, Penyuluh Agama Islam Harus Melek Teknologi Informasi

Era Keterbukaan Informasi Publik, Penyuluh Agama Islam Harus Melek Teknologi Informasi



Majalengka (INMAS Majalengka). Dari tahun ke tahun tugas Penyuluh Agama Islam itu semakin berat. Pasalnya penyuluh agama Islam selain harus menguasai ilmu agama yang mumpuni, juga harus bisa "ngigelan zaman", yang berkembang sangat cepat. Zaman Now, penyuluh agama islam harus mampu menguasai teknologi informasi. Itulah yang difahami oleh penyuluh agama islam diera keterbukaan informasi publik ini.
Terkait keterbukaan informasi publik (KIP),  Kemenag Majalengka telah mengeluarkan KIP, salah satunya ditujukan kepada para penyuluh melalui Pokjaluh, Kamis (10/1/19). Sangat elegan jika penyuluh memiliki web atau blog pribadi dan memiliki akun media sosial yang informatif. Penyuluh sangat pantas jika pandai mengemas bahan dakwah dalam sebuah tulisan, kemudian dipublish melalui media informasi.
Penyuluh sebagai ujung tombak Kementerian Agama jangan apriori terhadap perkembangan teknologi informasi. Penyuluh agama yang acuh tak acuh terhadap perkembangan teknologi informasi akan jauh tertinggal. Penyuluh agama Islam selain harus memiliki pondasi Agama yang kuat, juga harus menguasai teknologi informasi dan memiliki wawasan global.
Penguasaan teknologi informasi ini tentunya untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi penyuluh, sehingga dapat memberikan penyuluhan kepada masyarakat dengan baik, mudah, dan cepat tanpa harus meninggalkan prinsip "bilhikmah wal mauidzatil hasanah". Dan perlu diingat, bahwa kitab suci Al Qur’an sebagai landasan umat Islam selalu aktual dengan setiap zaman. Oleh karena itu tepat sekali jika penyuluh juga harus selalu aktual dan mampu mengimbangi "ngigelan" zaman. "Jangan sampai diigelan oleh zaman".


Kontributor: Taupik Hidayat 

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar