Home » , » Ethos Transformatif Gerakan Jum'at Bersih di KUA Cigasong

Ethos Transformatif Gerakan Jum'at Bersih di KUA Cigasong

Ethos Transformatif Gerakan Jum'at Bersih di KUA Cigasong



Cigasong (Inmas Majalengka) Akronim Jumsih atau jum'at bersih sejak lama cukup dikenal dan populer di kalangan masyarakat, khususnya masyarakat Majalengka. Trade Mark jumsih sebetulnya cukup mengakar. Kebiasaan masyarakat muslim, terutama di pedesaan sering menjadikan hari jum'at sebagai waktu istirahat di rumah menunggu datangnya sholat jum'at. Di sela-sela waktu senggang ini, dimanfaatkan untuk membersihkan "pakarangan, Pakurungan" (halaman dan rumah), jalan, masjid dan fasilitas umum termasuk di dalamnya.

Budaya yang terus dijalani secara rutin menjadi sebuah irama kehidupan dengan birama dan ritme yang khas dikenal dan di nikmati seperti sebuah alunan lagu dan hentakan musik. Seperti halnya sebuah irama, wajar ketika ada kebosanan dan kejenuhan sehingga jumsih kian lama menjadi tidak dimaknai dan dinikmati lagi.

Kini, melalui dorongan dari Kantor Kemenag Majalengka dan program seratus hari kerja Bupati Majalengka terpilih, jumsih digeliatkan kembali. Terkait hal ini KUA kecamatan Cigasong menyambut kegiatan jumasih ini dengan tindakan nyata, "jumsih ria", jumat (25/1/19).

Dalam pandangan islam, tidak main-main, ternyata kebersihan adalah prasyarat masuk surga (Matan HR Baihaqy), maka memaknai kembali nilai-nilai jumsih menjadi ethos yang harus ditransformasikan ke dalam kehidupan. 

Memelihara alam dan lingkungan adalah tugas manusia sebagai kholifah di muka bumi. Untuk melaksanakan tugasnya ini hanya bisa dilakukan dengan bekerja, tentu saja kerja keras dan kerja cerdas inilah yang menurut Azis Mukhaimir disebut etos.
Tugas lain manusia adalah Ibadah, sehingga kerja cerdas akan menjadi semakin mulia jika selalu diniatkan ikhlas karena Alloh SWT. Akhirnya seluruh aktivitas kita tidak hanya berkutan dari makhluk ke makhluk tetapi selalu menembus hijab menuju Kholiq. (idi/uli)
Kontributor : Taupik Hidayat

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar