Home » » Kasi Penmad Majalengka Buka Workhshop Penyusanan RPP dan Penilaian K13 Revisi

Kasi Penmad Majalengka Buka Workhshop Penyusanan RPP dan Penilaian K13 Revisi

Kasi Penmad Majalengka Buka Workhshop Penyusanan RPP dan Penilaian K13  Revisi



Majalengka (INMAS Majalengka). Merespon perubahan paradigma pembelajaran dalam kurikulum 2013 revisi, KKMI gelar Workshop Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Penilaian K13 revisi, Kamis (10/1/19). Workshop yang diikuti oleh guru guru di dilingkungan MIN 3 , 4 dan 7 tersebut dibuka oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kab. Majalengka, H. Saepulloh, M.Pd.I.
Dalam sambutannya, pria yang sering dipanggil Aa tersebut menekankan agar tidak boleh main main dalam pelaksanaan pembelajaran. Menurutnya, pelaksanaan pembelajaran harus disusun dan dipersiapkan dengan sebaik baiknya agar hasil dari pembelajaran tersebut bisa maksimal. Oleh karena itu untuk mendapatkan ilmu terkait pembelajaran yang baik maka kiranya sangat penting untuk diadakannya workshop Penyusunan RPP dan Penilaian K13 revisi ini.
RPP K13 revisi ini bisa dikatakan RPP abad 21, pasalnya RPP yang akan disusun guru-guru nanti mengintegrasikan kompetensi abad 21 yang dikenal dengan nama 4C, yaitu Creativity, Critical Thinking, Collaboration, dan Comunication.
Guru-guru di MIN 3 Majalengka, MIN 4 dan MIN 7, sangat menyadari bahwa perubahan paradigma pembelajaran dan kurikulum adalah sebuah keniscayaan seiring dengan dinamika dan perubahan zaman, dan semua itu harus direspon positif dengan terus belajar, berupaya meningkatkan kompetensi dan kualitas, salah satunya dengan mengadakan workshop ini.
Workshop semacam ini bukanlah yang pertama, tapi merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh KKMI dalam meningkatkan kompetensi guru madrasah. Dalam kegiatan ini setiap guru menyusun satu RPP yang mengintegrasikan nilai-nilai Penguatan Pendidikan Karakter, Kemampuan Literasi, dan Kemampuan Berpikir Tingkat Diri (HOTS).
Dengan dibimbing oleh narasumber yang yang kompeten, para guru bersemangat menyusun RPP dan Penilaian K13 revisi. RPP hasil karya para guru nantinya bisa digunakan sebagai pedoman pembelajaran yang aktif, interaktif, dan inspiratif.
Diakhir sambutannya Kasi Pendidikan Madrasah, mengharapkan agar kegiatan seperti ini menjadi tradisi dalam mengembangkan keilmuan agar para guru terus update terhadap perubahan-perubahan positif dalam pembelajaran.


Kontributor: Taupik Hidayat

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar