Home » » "Ngaliwet" Kegiatan Informal Perekat Sosial

"Ngaliwet" Kegiatan Informal Perekat Sosial

"Ngaliwet" Kegiatan Informal Perekat Sosial



Bekerja dalam organisasi adalah kerja tim. Efektivitas kerja tim dapat terlihat pada bagaimana masing-masing elemen organisasi pada berbagai levelnya dapat menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.

Bekerja dalam sebuah tim bukan melulu bicara tugas pokok dan fungsi (tupoksi), sebab di sana terdapat satu hal yang dapat menumbuhkan sense of belonging, menumbuhkan tanggung jawab dan rasa kebersamaan. Inilah salah satu fungsi budaya organisasi sebagai perekat sosial diantara anggota organisasi yang hidup tumbuh berkembang didalam organisasi. Leadership tentu saja berperan sangat penting untuk menciptakan budaya organisasi yang sesuai dengan iklim organisasi yang dipimpinnya. Maka untuk mencapai hal itu, seorang pemimpin harus bisa mencari dan memanfaatkan kegiatan-kegiatan informal yang acap kali dipandang sebelah mata padahal penting dan efektif untuk membangun kultur organisasi yang sesuai.

Oo Koimudin, S.Ag., kepala KUA Kecamatan Cingambul, sering melakukan kegiatan-kegiatan informal untuk menciptakan rasa memiliki dan tanggung jawab, menumbuhkan rasa kebersamaan, memupuk prinsip bahwa karyawan KUA Kecamatan Cingambul tak ubahnya sebuah keluarga. Melalui kegiatan-kegiatan informal, dalam hal ini ngaliwet dan makan bersama seluruh karyawan di kantor KUA Kecamatan Cingambul, Rabu, 23 Januari 2019, diharapkan dapat mendongkrak efektivitas kerja sama tim sehingga seluruh tugas-tugas dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya.


Kontributor : Taupik Hidayat

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar