Home » » Bimbingan Pra Nikah, Upaya Menjalin Kedekatan Batin Antara KUA dan Masyarakat

Bimbingan Pra Nikah, Upaya Menjalin Kedekatan Batin Antara KUA dan Masyarakat

Bimbingan Pra Nikah, Upaya Menjalin Kedekatan Batin Antara KUA dan Masyarakat



Cigasong (Inmas Majalengka).
Kehadiran Pasangan Calon Pengantin di KUA Kecamatan Cigasong umumnya disertai wali, orang tua calon pengantin pria dan lebe (Fasilitator Pendamping Pendaftaran) selain mereka, acap kali calon pengantin wanita didampingi oleh ibu atau kerabat yang lain.

Momen seperti ini sering dimanfaatkan oleh Kepala KUA Kecamatan Cigasong, Idi, S.Ag dan Penghulu, Uli Ramli, SHI untuk menjalin kedekatan batin dengan masyarakat. Seperti yang terjadi hari ini, (21/2/19) calon pengantin dari desa Tajur hadir bersama orang tua dan lebe. Sembari melakukan pemeriksaan terhadap berkas persyaratan, Idi memberikan penasehatan pernikahan sedangkan Uli menerangkan Standar Oprasional Prosedur (SOP) Pendaftaran, Bimbingan dan Pencatatan Pernikahan di KUA Kecamatan Cigasong.

Di sela-sela penasehatan, Idi dan Uli juga mengenalkan Tugas Pokok dan Fungsi KUA, tidak hanya masalah pernikahan  tetapi banyak tugas lain seperti layanan wakaf, Bimbingan Manasik, Penyuluhan Agama dan urusan Ta'mir masjid.

Hal ini dilakukan agar terjadi komunikasi yang baik antara KUA dan Umat. Memang Komunikasi ini secara tersurat tidak termasuk pada fungsi managemen, tetapi secara tersirat fungsinya sangat urgen. Yaitu sebagai fungsi informasi, fungsi Persuasif dan fungsi kontrol.(Idi)

Kontributor: Taupik Hidayat

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar