Home » » Buka Rapat Kerja Se-Wilayah Cirebon, Kakanwil Ajak Wujudkan Integrasi Data

Buka Rapat Kerja Se-Wilayah Cirebon, Kakanwil Ajak Wujudkan Integrasi Data

Buka Rapat Kerja Se-Wilayah Cirebon, Kakanwil Ajak Wujudkan Integrasi Data



Kuningan (INMAS Majalengka). Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat, H. A. Buchori, MM buka Rapat Kerja Kementerian Agama Kab./Kota Se-wilayah Cirebon di Hotel Horison Tirta Sanita Kab. Kuningan, Kamis pagi (14/2/19). Rapat Kerja tersebut melibatkan 355 peserta yang berasal dari Kantor Kemenag Kab. Majalengka, Kab. Kuningan, Kab. Cirebon, Kota Cirebon dan Kab. Indramayu.
Dalam kesempatan tersebut, Buchori menyampaikan, Rapat Kerja itu merupakan ajang evaluasi terhadap kinerja tahun lalu dan menyusun program yang akan dilaksanakan untuk tahun mendatang. Menurutnya, rapat kerja yang baik harus menghasilkan program-program yang jelas, realistis dan terukur.
Kemudian, pada saat itu ada satu hal yang sangat ditekankan Buchori, yakni integrasi data. Ia menilai bahwa sampai saat ini data di Kementerian Agama masih belum rapi dan tercecer. Sebagai Kementerian yang mengurus masalah agama seharusnya data yang dimiliki harus akurat dan terintegrasi. Oleh karena itu Buchori mengajak semua yang hadir untuk kompak mewujudkan data yang kuat dan terintegrasi satu sama lain.
"Tidak ada lagi istilah dikotomi data, satu seksi dengan seksi lainnya harus sejalan seirama, jangan parsial jangan terkotak kotak", ungkap Buchori tegas.
"Data Ulah disumputkeun, soalnya Kemenag itu satu kesatuan, jangan berfikir dikotomi", imbuhnya sambil sedikit berseloroh.
Integrasi adalah adanya saling keterkaitan antar sub sistem, sehingga data dari satu sistem secara rutin dapat melintas, menuju atau diambil oleh satu atau lebih sistem yang lain. Atau dalam kata lain integrasi data merupakan proses mengkombinasikan dua atau lebih data agar mempermudah dalam berbagi dan analisis, dalam rangka mendukung manajemen informasi di dalam sebuah lingkungan kerja. Sederhananya, Integrasi data adalah menggabungkan data dari berbagai sumber database yang berbeda ke dalam sebuah penyimpanan seperti gudang data.

Kontributor: Taupik Hidayat

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar