Home » » Kepala KUA Kecamatan Cigasong "Jumling" Bareng Jajaran Polres Majalengka

Kepala KUA Kecamatan Cigasong "Jumling" Bareng Jajaran Polres Majalengka

Kepala KUA Kecamatan Cigasong  "Jumling" Bareng Jajaran Polres Majalengka



Cigasong (Inmas Majalengka) Kegiatan Jum'at Keliling (Jumling) Muspika Kecamatan Cigasong kali ini terasa berbeda. Pasalnya dalam kesempatan jum'at di Masjid At-Taqwa Kelurahan Cicenang hari ini, hadir wakapolres Majalengka bersama jajarannya. 
Bertindak selaku Imam dan Khotib Baban Ahmad Fu'ad, S.Pd.I, sedangkan Muadzin Atmayadi, S.Pd.I keduanya merupakan Penyuluh Agama Non PNS Kecamatan Cigasong. 
Sambung rasa dan ramah tamah digelar ba'da sholat jum'at. Pada acara dialog bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat tersebut wakapolres mengingatkan agar masyarakat mampu menjadikan agama sebagai perekat sosial, jangan sampai agama dijadikan sebagai pemicu konflik terlebih lagi menjelang pemilu yang akan digelar april mendatang.
Saat diminta tanggapan pada acara dialog tersebut, Kepala KUA Kecamatan Cigasong, Idi, S.Ag mendukung apa yang disampaikan wakapolres, bahwa agama tidak semestinya dijadikan alat jastifikasi semua tindak kekerasan. Pemahaman yang keliru tentang literasi term keagamaan mesti diluruskan. Para pemeluk agama, khususnya seorang muslim harus mampu menampilkan wajah agama yang damai dan toleran.
Selanjutnya Idi menyampaikan bahwa toleransi beragama harus sebanding dengan ketaatan melaksanakan ajaran, sebab kelonggaran dalam pengamalan ajaran akan mengakibatkan agama kehilangan daya ikat dan kontrol bagi para pemeluknya.
Bagi KUA, setiap pranata sosial keagamaan yang menjadikan masjid sebagai sentral adalah hal biasa dan harus terus dibiasakan. KUA dan Masjid adalah dua sejoli yang tak mungkin dipisahkan, meskipun secara fisik berjauhan. Itulah alasan bagi KUA  untuk menjadi thing tank setiap aktivitas berbasis kemesjidan. (Idi) 

Kontributor: Taupik Hidayat

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar