Home » , » Teliti Urgensi Bimbingan dan Konseling Perkawinan, Mahasiswa UHAMKA Sambangi KUA Cingambul

Teliti Urgensi Bimbingan dan Konseling Perkawinan, Mahasiswa UHAMKA Sambangi KUA Cingambul

Teliti Urgensi Bimbingan dan Konseling Perkawinan, Mahasiswa UHAMKA Sambangi KUA Cingambul



Cingambul (INMAS Majalengka). Pada dasarnya bimbingan dan konseling merupakan upaya bantuan untuk menunjukan perkembangan manusia secara optimal, baik secara kelompok maupun idividu sesuai dengan hakekat kemanusiannya. Didalamnya menyangkut berbagai potensi, kelebihan, kekurangan, kelemahan beserta segenap permasalahanya.

Adapun kaitannya dengan perkawinan, bimbingan dan konseling sangat dipelukan guna mengantarkan calon pengantin menggapai keluarga sakinah, mawaddah, dan rahmah. Dasar pemikiran penyelenggaraannya di Kantor Urusan Agama menyangkut upaya memfasilitasi calon pengantin agar mampu mengembangkan potensi dirinya menyangkut aspek fisik, emosi, intelektual, sosial, dan moral-spiritual. Calon pengantin sebagai konseli sedang berada dalam proses berkembang atau menjadi (on becoming), yaitu berkembang ke arah kematangan atau kemandirian.
Untuk mencapai kematangan tersebut, konseling memerlukan bimbingan karena mereka masih kurang memiliki pemahaman atau wawasan tentang dirinya, keluarga, dan lingkungannya, juga pengalaman dalam menentukan arah kehidupannya. Disamping itu terdapat suatu keniscayaan bahwa proses perkembangan konseli tidak selalu berlangsung secara mulus, atau bebas dari masalah. Dengan kata lain, proses perkembangan itu tidak selalu berjalan dalam alur linier, lurus, atau searah dengan potensi, harapan dan nilai-nilai yang dianut.

Demikian pentingnya bimbingan dan konseling perkawinan sehingga ini menarik minat mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA)  Jakarta pada saat berkunjung ke Kantor Urusan Agama Kecamatan Cingambul dalam kegiatan Pengembangan Wawasan Profesi (PWP). Dalam kegiatan PWP ini, kelompok mahasiswa yang berjumlah sebelas orang dibawah bimbingan Eka Heriyani, M.Pd, Kons ini diterima dan disambut baik oleh Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Cingambul, Oo Koimudin, S.Ag., di Balai Nikah KUA Kecamatan Cingambul, Senin, 4 Pebruari 2019.

Dalam pertemuan kunjungan tersebut, Kepala KUA Kecamatan Cingambul bersedia menjawab berbagai pertanyaan yang terkait dengan perkawinan dan memaparkan kegiatan Bimbingan Perkawinan yang diselenggarakan oleh KUA Kecamatan Cingambul. Para mahasiswa yang terdiri dari seorang laki-laki dan sepuluh orang perempuan tersebut semakin antusias ingin mengamati dan mendalami lebih jauh dan ingin terlibat langsung dalam proses bimbingan perkawinan yang diselenggarakan oleh KUA Kecamatan Cingambul. Terlebih, kegiatan PWP ini merupakan salah satu mata kuliah wajib yang disajikan pada semester tujuh. Usai pertemuan, segenap karyawan KUA Kecamatan Cingambul dan mahasiswa UHAMKA peserta PWP ini berfoto bersama di depan Kantor KUA Kecamatan Cingambul. (Agus Susanto)

Kontributor : Taupik Hidayat

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar