Home » » Kurikulum RA Jadikan Alquran dan Hadits Sebagai Landasan Filosofis

Kurikulum RA Jadikan Alquran dan Hadits Sebagai Landasan Filosofis

Kurikulum RA Jadikan Alquran dan Hadits Sebagai Landasan Filosofis

Majalengka (INMAS) - Workshop Implementasi Kurikulum Raudhatul Athfal (RA) Bagi Pengawas RA Korwil I Jawa Barat di Sawah Aki Majalengka, Kamis pagi (25/7/19). Kegiatan yang diikuti oleh 53 orang pengawas tersebut dibuka oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Majalengka, Dr. H. Yayat Hidayat, M.Ag didampingi Kasi Pendidikan Madrasah, Ketua Pokjawas RA Jawa Barat dan Ketua Bidang IV Bidang RA Jawa Barat.

Pada kesempatan tersebut, Yayat Hidayat memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan workshop ini. Menurutnya, kegiatan workshop ini sangat penting dan strategis, sehingga Ia terus mendorong agar kegiatan kegiatan semacam ini dilanjutkan dan dikembangkan untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Sebagai bagian dari lembaga pendidikan anak usia dini, RA menurut Yayat harus berbeda dengan lembaga pendidikan lainnya. Perbedaan tersebut salah satunya tercermin dari kurikulum RA yang menjadikan Alquran dan Hadits sebagai landasan filosofisnya.

Selain itu, RA harus menitikberatkan pada transformasi dan internalisasi nilai nilai spiritual islam. Hal tersebut sebagaimana tertuang didalam KMA Nomor 792 Tahun 2018 tentang Implementasi Kurikulum RA. Dalam KMA tersebut, mutu RA terletak pada nilai nilai keagamaan yang melekat pada seluruh komponen RA, mulai dari komponen pendidik, tenaga kependidikan, orang tua dan komponen lingkungan. Intinya saat ini Kurikulum RA benar benar berlandaskan nilai nilai islami, membangun aqidah dan membentuk akhlaqul karimah.

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar