Home » » Tips Menunaikan Ibadah Haji Menurut Kepala Kantor Kemenag Majalengka

Tips Menunaikan Ibadah Haji Menurut Kepala Kantor Kemenag Majalengka

Tips Menunaikan Ibadah Haji Menurut Kepala Kantor Kemenag Majalengka

Majalengka (INMAS Kab. Majalengka) - Ibadah Haji merupakan Ibadah multi dimensi yang sangat istimewa, berbeda dengan ibadah ibadah yang lainnya. Ibadah Haji melibatkan dimensi fisik, mental spiritual dan material. Sebagai ibadah Napak Tilas, esensi ibadah Haji adalah berserah diri kepada Allah Swt secara utuh. Itulah yang diutarakan Kepala Kantor Kemenag Kab. Majalengka, H. Yayat Hidayat saat melepas 32 Jemaah Haji ASN Kemenag Kab. Majalengka, Jumat pagi (19/7/19).

Pada kesempatan tesrsebut, Kepala Kantor memberikan tips terkait pelaksanaan ibadah haji.

Pertama, Jemaah haji harus menjaga kesehatan dengan cara memperbanyak minum air zam zam, memakai alat perlindungan diri seperti penutup kepala saat diluar ruangan, memakai masker, kaca mata dan alas kaki. Kemudian Jemaah haji juga agar mengatur ritme ibadah dengan baik agar jangan terlalu diporsir sehingga sakit saat puncak haji.

Kedua, memaksimalkan waktu untuk ibadah, seperti di Makkah memperbanyak membaca ayat ayat uluhiyah, Al Ikhlas, dan tahlil serta perbanyak thawaf bagi yang fisiknya kuat. Sedangkan di Arofah membaca doa Nabi Adam As dan di Madinah memperbanyak shalawat. Perbanyak doa sapu jagat.

Ketiga, saat beraktifitas harus bergerombol atau jangan sendirian. Bepergian sebaiknya jangan sendirian, harus ada teman pendamping. Jika naik taksi, saat naik, laki laki yang duluan wanita belakangan, saat turun sebaliknya, wanita duluan laki laki belakangan.

Keempat, saat melaksanakan lempar jumroh, sesuaikan dengan jadwal yang ditetapkan pemerintah. Jika melanggar jadwal dihawatirkan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Kelima, menjaga citra bangsa Indonesia, Majalengka, Kementerian Agama. Bersikaplah dengan baik dan sopan, sebagai tamu harus menaati ketentuan tuan rumah.

Terakhir, doakan kebaikan bagi yang ditinggalkan khususnya keluarga, teman, rekan kerja dan pimpinan.

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar