Home » » Gandeng Universitas Majalengka, Puslitbang Bimas Agama Kemenag RI Gelar Seminar Nasional Moderasi Beragama

Gandeng Universitas Majalengka, Puslitbang Bimas Agama Kemenag RI Gelar Seminar Nasional Moderasi Beragama

Gandeng Universitas Majalengka, Puslitbang Bimas Agama Kemenag RI Gelar Seminar Nasional Moderasi Beragama

 

Majalengka (HUMAS) Puslitbang Bimas Agama Kemenag RI gelar seminar Nasional Moderasi beragama di Universitas Majalengka (UNMA) Jawa Barat, Rabu (20/7/2022). Seminar yang diselenggarakan atas kerjasama dengan UNMA tersebut dikemas dengan tema "membangun paradigma moderasi beragama di era disruspsi 4.0".

Pada kesempatan tersebut hadir Rektor UNMA, Direktur Pascasarjana, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka, Kasubbag TU Puslitbang Bimas Agama Kemenag RI dan jajaran pejabat penting lainnya. Seminar Nasional tersebut melibatkan civitas akademika UNMA, penyuluh agama Islam dan para guru. 

Dalam sambutannya, Rektor UNMA menyatakan, kegiatan ini sangat penting untuk memberikan pemahaman yang benar terkait moderasi beragama. Pemahaman tentang moderasi beragama akan berimbas pada sikap yang dimunculkan, sehingga keseimbangan dalam berpikir, bersikap, dan bertindak sangat dibutuhkan. Ia menegaskan yang di moderasi bukan agama tapi sikap keberagamaannya.

Sementara itu, Kasubbag TU Puslitbang Bimas Agama Kemenag RI,  Rizky Riyadu Taufik menyampaikan, bahwa pokok pokok moderasi beragama ada empat, yaitu menerima perbedaan, 
menghargai kearifan lokal, menolak kekerasan dan mematuhi regulasi atau perundang-undangan yang berlaku. 

Dengan adanya seminar tersebut, Rizky berharap tidak ada lagi masyarakat yang mudah terprovokasi dengan isu isu kebencian dan radikalisme. Menurutnya promosi moderasi beragama ini sangat penting, terlebih promosi di kampus, karena kampus sebagai pusat pengkaderan generasi bangsa. 

Dalam mensukseskan penguatan moderasi beragama, Mas Rizky mengaku telah menerbitkan buku moderasi beragama. Bukunya sudah banyak dicetak dan telah disalin dalam berbagai bahasa. Selain itu, ia juga mengaku telah menggandeng berbagai kampus ternama lainnya dan kelompok mainstream dalam mensukseskan moderasi beragama tersebut. 

Seminar tersebut menjadi sangat menarik dengan hadirnya dua tokoh besar sebagai narasumber utama, yaitu Prof. Dr. H. Rokhmin Dahuri dan Prof. Dr. Dedi. Keduanya memberikan materi yang luar biasa terkait moderasi beragama dan isu isu kekinian. Secara umum seminar Nasional berlangsung lancar dan meriah serta sangat interactive.

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar