Home » » Penguatan Moderasi Beragama Bagi Penyuluh Agama Islam Non PNS Kemenag Majalengka

Penguatan Moderasi Beragama Bagi Penyuluh Agama Islam Non PNS Kemenag Majalengka

Penguatan Moderasi Beragama Bagi Penyuluh Agama Islam Non PNS Kemenag Majalengka

 

Majalengka (HUMAS) Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Majalengka Drs. H. Moh. Mulyadi, M.MPd didampingi Kasi Bimas Islam Drs. H. Moch. Risan, M.Pd.I memberikan sambutan dan pengarahan sekaligus membuka acara Penguatan Moderasi Beragama Bagi Penyuluh Agama Islam Non PNS di Aula Koperasi Hikmah Kemenag Majalengka, Selasa (19/7/2022).
Kegiatan tersebut melibatkan 100 orang Penyuluh Agama Islam Non PNS dilingkungan Kemenag Majalengka. Dalam kesempatan tersebut Kepala Kantor menyatakan bahwa penyuluh agama Islam menjadi garda terdepan dalam mewujudkan dan mensukseskan program program Kementerian Agama, salah satunya dalam penguatan moderasi beragama. Ia sangat bangga dengan sikap para penyuluh yang cepat tanggap dalam menyikapi setiap Instruksi.
"Saya bangga dengan penyuluh karena selalu siap dan gerak cepat serta kompak" ungkap Kepala.
Lebih lanjut Kepala menyampaikan, kegiatan moderasi beragama ini bertujuan untuk menangkal radikalisme dan ekstrimisme. Ia meminta agar penyuluh Bersikap moderat, penyuluhan kepada masyarakat dilakukan dengan lemah lembut, tidak mengedepankan sikap keras. Sikap moderat harus diperhatikan. Menurutnya, dakwah kepada masyarakat harus dilakukan dengan metode partisipatif, dialog interkatif dan mengedepankan pemberdayaan.

Terakhir Kepala mengingatkan, bahwa tantangan penyuluh itu cukup berat, yaitu timbulnya konflik atasnama Agama, Tingkat kriminalitas yang tinggi dan adanya kenakalan remaja. Tantangan tersebut menurutnya harus dihadapi dengan baik oleh para penyuluh.
Adanya penguatan moderasi beragama tersebut diharapkan akan menghasilkan sesuatu yang positif yaitu; timbulnya sikap toleransi, adanya kehidupan yang seimbang/setara, memiliki komitmen kebangsaan yang kuat, anti kekerasan dan menghargai nilai nilai budaya.
Penyuluhan Kegiatan tersebut menghadirkan fasilitator dari Kanwil Provinsi Jawa Barat, Deden Farid didampingi fasilitator Kemenag Majalengka, Penyuluh Agama Islam Fungsional, Didin Hasanudin, S.Ag.


Related Posts

0 comments:

Posting Komentar