Home » » Dwp Kemenag Gelar Tes IVA dan Sadanis Gratis

Dwp Kemenag Gelar Tes IVA dan Sadanis Gratis

Dwp Kemenag Gelar Tes IVA dan Sadanis Gratis

 

Majalengka (HUMAS) Ketua DWP Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka, Hj. Dian Sartika Mulyadi beserta jajarannya ikut sukseskan kegiatan tes IVA dan Sadanis Gratis, Rabu (10/8/2022). Kegiatan tersebut dibuka secara virtual oleh Penasihat DWP Kemenag Eny Retno Yaqut. Ia mengatakan, acara ini digelar sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Indonesia.
“Alhamdulillah antusiasme masyarakat sangat besar untuk mengikuti acara yang diinisiasi DWP Kemenag pusat. Sampai hari ini, tercatat ada 16,335 peserta yang sudah mendaftar,” ujar Eny Retno di Jakarta, Rabu (10/8/2022).
“Tes IVA dan Sadanis digelar serentak pada 10 Agustus 2022 di 34 Kanwil Kemenag provinsi serta sejumlah Kankemenag kabupaten/kota dan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN),” sambungnya.


Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin. Sedang Sadanis atau periksa payudara klinis adalah pemeriksaan pada payudara oleh tenaga kesehatan (nakes) terlatih.
Menurut Eny Retno, dalam pelaksanaan tes IVA dan Sadanis, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI serta diinas atau suku dinas kesehatan di berbagai provinsi dan kabupaten/kota. Pelaksanaannya dilakukan di Kanwil Kemenag Provinsi, Kantor Kemenag kabupaten/kota, kampus PTKN, atau di Puskesmas setempat.
Di Majalengka sendiri tes IVA dan Sadanis dipusatkan di Puskesmas Munjul. Ada sekitar 28 orang yang peserta yang berhasil di periksa, dan Alhamdulillah semuanya sehat tidak ada gejala yang membahayakan. Kegiatan tersebut berlangsung lancar dan di dukung oleh tim medis yang sudah berpengalaman. Bahkan pejabat struktural dari Dinas Kesehatan pun turut hadir untuk memberikan support.

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar