Home » » Kepala Kantor Kementerian Agama Majalengka Dr. H. Agus Sutisna, S.Ag. M.Pd. menghadiri dan mengikuti Istigosah dan Do'a Bersama yang diselenggarakan dalam rangka Hari Santri Tahun 2022 Tingkat Provinsi Jawa Barat yang dilangsungkan di Asrama Haji Indramayu

Kepala Kantor Kementerian Agama Majalengka Dr. H. Agus Sutisna, S.Ag. M.Pd. menghadiri dan mengikuti Istigosah dan Do'a Bersama yang diselenggarakan dalam rangka Hari Santri Tahun 2022 Tingkat Provinsi Jawa Barat yang dilangsungkan di Asrama Haji Indramayu

Kepala Kantor Kementerian Agama Majalengka Dr. H. Agus Sutisna, S.Ag. M.Pd. menghadiri dan mengikuti  Istigosah dan Do'a Bersama yang diselenggarakan dalam rangka Hari Santri Tahun 2022 Tingkat Provinsi Jawa Barat yang dilangsungkan di Asrama Haji Indramayu

Majalengka (Humas) - 27 Oktober 2022. Kepala Kantor Kementerian Agama Majalengka Dr. H. Agus Sutisna, S.Ag. M.Pd. menghadiri dan mengikuti Do'a Bersama dan Istigosah yang diselenggarakan dalam rangka Hari Santri Tahun 2022 Tingkat Provinsi Jawa Barat yang dilangsungkan di Asrama Haji Indramayu, Kamis (27/10). Kegiatan tersebut dihadiri langsung Sekjen Kemenag RI Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.Ag. yang didampingi Kakanwil Kemenag Jawa Barat Drs. H. Ajam Mustajam, M.Si. Selain itu, hadir pula Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina, S.H., M.H., C.R.A. Anggota DPR RI Hj. Selly Andriani Gantina, jajaran Forkopimda Indramayu, jajaran Kepala Kantor Kemenag se-Jawa Barat, para pengasuh ponpes dan Ormas Islam.
Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nizar Ali menyampaikan bahwa peringatan Hari Santri merupakan pengingat atas jasa para kyai dan santri dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekan Indonesia.
Nizar menyampaikan bahwa kala itu para santri dan kiai turun secara langsung dalam pertempuran di wilayah mereka masing-masing. Mereka banyak yang gugur di medan juang. Momentum hari santri ini menjadi suatu gelaran untuk mengenang jasa-jasa dan menghormati perjuangan kaum santri.
"Sejak diumumkan, tanggal 22 Oktober 1945, sebagai Resolusi Jihad, ini membakar seluruh lapisan masyarakat untuk berjuang melawan penjajah," kata Nizar.
Hari Santri 2022 mengangkat tema 'Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan'. Menurut Nizar, tema ini menegaskan kembali kiprah kesejarahan santri yang senantiasa menemani republik ini, baik sebelum, saat, maupun setelah merdeka.
"Tema ini sekaligus ingin mengingatkan bahwa hingga kini santri sudah berkiprah di berbagai bidang, baik politik, ekonomi, pendidikan, dan lebih-lebih agama," papar Nizar.
Nizar juga menegaskan bahwa Hari Santri tidak hanya milik kalangan pesantren dan ormas tertentu. Hari Santri adalah milik segenap masyarakat Indonesia.
"Terima kasih kepada seluruh jajaran Kanwil Kemenag Jabar, PWNU Jabar, masyarakat, dan seluruh yang terlibat mensukseskan peringatan Hari Santri 2022," tutup Nizar.

 

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar